RUMAH SAKIT

Universitas Brawijaya

Jelang Akreditasi, RSUB Menyelenggarakan Pit Stop

10 - 01 - 2015 humas rsub Kegiatan

Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) merupakan institusi pelayanan khususnya dibidang kesehatan yang dituntut dapat memberikan layanan tersebut kepada masyarakat secara paripurna. Sebagai bentuk dari pengakuan pemerintah bahwa RSUB telah memenuhi standar mutu tertentu, maka RSUB mempersiapkan diri untuk dapat dinilai oleh satu lembaga independen yang dipercaya oleh pemerintah sebagai penilai atas mutu pelayanan rumah sakit, yaitu KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit).

Melihat pentingnya penilaian akan mutu dari pelayanan tersebut, maka RSUB dalam waktu lima bulan ini memersiapkan diri dengan segala sumber daya dan fasilitas yang dimiliki agar dapat lulus dalam penilaian nantinya. Persiapan yang dilakukan Panitia Akreditasi RSUB, salah satunya adalah mengadakan Pit Stop Akreditasi di mana acara ini merupakan bentuk refreshing standar-standar mutu pelayanan dan patient safety dengan konsep kegiatan belajar yang menyenangkan, sehingga diharapkan hasil pemahaman yang maksimal bagi peserta Pit Stop.

Acara Pit Stop yang dibuka oleh Dr. dr. Aswoco Andyk Asmoro, Sp.An, selaku Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik RSUB merupakan kegiatan sosialisasi dari beberapa Kelompok Kerja (Pokja), yaitu: pokja KPS (Kualifikasi dan Pendidikan Staf), MKI (Manajemen Komunikasi dan Informasi), MFK (Manajemen Fasilitas dan Keselamatan), PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), MPO (Manajemen dan Penggunaan Obat), HPK (Hak Pasien dan Keluarga), dan SKP (Sasaran Keselamatan Pasien) kepada para karyawan RSUB meliputi karyawan medis dan non-medis.

Pit Stop RSUB

Pada acara Pit Stop RSUB yang diadakan di Aula Cendrawasih dijelaskan tentang BLU (Badan Layanan Usaha), sosialisasi dan edukasi mengenai Basic Life Support (BLS), sosialisasi alur dan cara mengatasi keluhan dari pasien / keluarga pasien, pemberian materi dan praktek penggunaan alat pemadam kebakaran bagi peserta Pit Stop yang langsung dijelaskan oleh pihak UPT. Pemadam Kebakaran Kota Malang, serta pembekalan materi-materi lainnya yang berkaitan mengenai pengetahuan yang wajib dikuasai oleh karyawan medis dan non medis di rumah sakit.

Pit Stop RSUB

Acara yang diadakan pada tanggal 4-5 Oktober 2017, menurut ketua panitia dr. Hamimillah Hannan, “tujuan Pit Stop akreditasi ini adalah untuk mempercepat proses sosialisasi yang terdapat pada elemen penilaian akreditasi, selain itu untuk mempercepat pemahaman dan implementasi materi akreditasi yang wajib dikuasai oleh seluruh karyawan RSUB”.

RSUB memberikan sertifikat bagi masing-masing peserta yang diikuti oleh kurang lebih 300 karyawan termasuk petugas keamanan dan cleaning service terkait tentang pelatihan dasar terhadap bencana kebakaran dari UPT. Pemadam Kebakaran Kota Malang, sehingga dapat dijadikan tolak ukur atas pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Acara pitstop yang berjalan dengan baik dan lancar ini ditutup dengan pre-test bagi seluruh peserta Pit Stop.

Pit Stop RSUB

Pit Stop RSUB

Share this post