RUMAH SAKIT

Universitas Brawijaya

Cegah Difteri dengan Vaksin ORI Difteri di RSUB

07/02/2018 humas rsub Berita, Pengumuman

Difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium Diphtheriae. Difteri dapat menular melalui percikan ludah, kontak langsung, dan luka yang terbuka. Menurut informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit ini sangat mudah menular dan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada 5-10% penderita.

Ciri-ciri Difteri diantaranya:

  • Demam suhu lebih kurang 38C
  • Terdapat selaput putih keabu-abuan pada tenggorokan
  • Sakit waktu menelan
  • Leher membengkak seperti leher sapi (bullneck), disebabkan karena pembengkakan kelenjar leher
  • Sesak nafas disertai bunyi (stridor)

Pencegahan utama Difteri adalah dengan imunisasi. Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) mendukung kampanye Pemerintah untuk turut serta dalam pencegahan penyakit Difteri dengan menyediakan pelayanan vaksinasi ORI Difteri. Outbreak Response Immunization (ORI) adalah kegiatan imunisasi tambahan yang khusus dilakukan di daerah yang mengalami kejadian luar biasa (KLB) dan perlu dilakukan 3 kali untuk membentuk kekebalan tubuh dari bakteri Corynebacterium Diphteriae.

Vaksin ORI Difteri yang tersedia di RSUB saat ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berusia 1-19 tahun. Pelayanan vaksinasi dibuka setiap hari Senin – Jum’at, pukul 08.00 – 14.00 WIB di Poli Spesialis Anak RSUB. Mari lindungi putra putri tercinta dari wabah Difteri dengan vaksinasi ORI Difteri dan pola hidup sehat.